Pengaruh Pertumbuhan Penduduk dan Hubungannya Terbahadap Kebudayaan


Pengertian
Para ahli mencoba memaparkan pengertian dari apa yang dimaksud dengan perubahan sosial, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
Menurut Prof. Selo Soemardjan perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap-sikap dan pola-pola perilakuannya di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Sedangkan Kingsley Davis memberikan definisi perubahan sosial adalah sebagai berikut: perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi pada struktur dan fungsi masyarakat. dari pengertian diatas terpaparkan perubahan sosial itu yang berubah adalah pada struktur dan sistem sosialnya.
Yang dimaksud dengan struktur sosial adalah bentuk jalinan di antara unsur-unsur sosial yang pokok yang terdapat di dalam masyarakat dimana terdapat jalinan interaksi, interelasi dan komunikasi sosial. Sedangkan sistem sosial adalah hubungan antara unsur-unsur sosial di dalam masyarakat sehingga membentuk suatu fungsi.

Dampak Disintegrasi
Perubahan sosial dimasyarakat dapat mengakibatkan masalah kependudukan yaitu ketidakseimbangan hubungan-hubungan sosial di masyarakat, yang terjadi akibat perubahan yang cepat pada unsur-unsur dalam masyarakat yang memiliki hubungan dengan unsur-unsur yang lambat. Keadaan tersebut disebut pula dengan cultural lag atau kesenjangan kebudayaan.


Hal tersebut dapat diantisipasi dengan sistem sosial yang bersifat menyesuaikan atau adjustive. Dalam melakukan proses penyesuaian akan ada dua kemungkinan, yaitu:
Manusia atau masyarakat dapat menemukan pandangan atau falsafah hidup baru.
Manusia atau masyarakat akan mengalami permasalahan-permasalahan yang dihadapinya dan tidak dapat mengambil sikap (keputusan) terhadap kehidupan baru.
Apabila sistem sosial dapat menyesuaikan diri dengan perubahan maka terjadi integrasi sosial, sedangkan apabila sistem sosial tidak dapat menyesuaikan diri maka yang terjadi adalah disintegrasi sosial. Disintegrasi akan mengalami gejala-gejala sebagai berikut:
Akan mengalami perdebatan karena tidak adanya persamaan pandangan atau persepsi antara anggota-anggota masyarakat, pada umumnya diakibatkan karena tidak sesuai dengan tujuan masyarakat atau patokan anggota masyarakat.
Norma-norma sosial yang dipakai sebagai pengendalian, tidak lagi berfungsi dengan baik
Terjadinya pertentangan antara norma-norma yang ada dalam masyarakat.
Peraturan tidak di jalankan dengan konsisten, misalkan sanksi atau hukuman yang diberikan terhadap seseorang yang melanggar norma tidak dijalankan/ dilaksanakan.
Terjadi proses-proses sosial yang disosiatif, seperti: persaingan, pertentangan ataupun kontraversi.
usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah kependudukan diantaranya:
1. EKSTENSIFIKASI PERTANIAN : memperluas areal pertanian dengan forest clearing
INTENDIFIKASI PERTANIAN : pemupukan, pengairan, pemilihan bibit unggul ,dll
2. TRANSMIGRASI : pemindahan penduduk dari daerah padat ke daerah kurang padat
3. PENYEBARAN INDUSTRIALISASI : pembangunan industri yang menyebar keseluruh wilayah indonesia sehingga mendorong pembangunan masing masing daerah
4. KELUARGA BERENCANA : bertujuan untuk mengurangi laju pertambahan penduduk sehingga seimbang antara jumlah penduduk dengan produksi nasional
5. PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN: memperluas pendidikan dengan memanfaatkan secara efisien semua media yang ada

PERKEMBANGAN KEBUDAYAAAN
KEBUDAYAAN:
pengertian : adalah hasi budi atau akal manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup.
menurut E.B taylor :  kompilasi atau jalinan keseluruhan kenyataan dan kebiasaan yang dilakukan manusia sebagai anggota masyarakat
dalam pandangan sosiologi , kebudayaan meliputi : kebudayaan material(berwujud barang), kebudayaan nonmaterial(berwujud kebiasaan)
HUBUNGAN MANUSIA DENGAN KEBUDAYAAN
pada akhirnya terdapat konsepsi tentang kebudayaan manusia yang memberi gambaran bahwa hanya manusia saja yang mampu berkebudayaan/menghasilkan kebudayaan dan sebaliknya tak ada ebudayaan tanpa manusia.
HUBUNGAN MASYARAKAT DENGAN KEBUDAYAAN
- Masyarakat tdk dapat dipisahkan dengan manusia karena hanya manusia yang hidup bermasyarakat.
- dimana orang bermasyarakat akan timbul kebudayaan
- manusia , masyarakat dan kebudayaan merupakan kesatuan uth karena dari 3 unsur inilah kehiduap sosial berlangsung
WUJUD KEBUDAYAAN
1. ide, gagasan , nilai nilai, norma praturan
2. kelakuan berpola manusia dalam masyarakat
3. hasil karya manusia


sumber:
- www.anneahira(dot)com

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post