Widget HTML #1

Pemanfaatan Internet di Lingkungan Kampus Universitas Gunadarma - Laporan Proposal

"Pemanfaatan Internet di Lingkungan Kampus Universitas Gunadarma"
BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Masalah

Seiring perkembangan dan kemajuan dalam bidang teknologi informasi di kampus univesitas gunadarma, maka mahasiswa cenderung lebih kreatif dan aktif dalam pemanfaatan fasilitas teknologi informasi yang tersedia dikampus. pemanfaatan teknologiini bukan hanya digunakan oleh dosen ataupun mahasiswa yang berada dilingkungan kampus.

Dengan adanya fasilitas yang telah disediakan oleh pihak kampus, dosen ataupun mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas yang telah tersedia tersebut dengan baik. dengan begitu dosen ataupun mahasiswa lebih kreatif dan mudah dalam sisi pengajaran maupun pembelajaran.

2. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat diidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan internet, antara lain : optimalisasi pemanfaatan internet sebagai sumber belajar, perawatan dan perbaikan fasilitas, kapasitas yang tersedia serta efektifitas internet tersebut dalam perkuliahan.

3. Batasan Masalah

Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber internet dalam proses pembelajaran, namun dalam penelitian ini hanya membatasi pada masalah pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh mahasiswa.

4. Rumusan Masalah

Untuk memperjelas permasalahan yang akan diteliti, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut:
Apakah mahasiswa UNIVERSITAS GUNADARMA telah memanfaatkan fasilitas tersebut dengan baik?
Apakah fasilitas tersebut sudah layak digunakan?
Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat mahasiswa UNIVERSITAS GUNADARMA untuk memanfaatkan internet dalam pembelajaran ?

5. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
Mengetahui pemanfaatan internet dikampus UNIVERSITAS GUNADARMA
Kelayakan perangkat dan akses internet dalam pembelajaran.
Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat mahasiswa UNIVERSITAS GUNADARMA memanfaatkan internet sebagai sumber belajar
 

6. Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :
Bagi mahasiswa, lebih meningkatkan pemanfaatan internet dalam pembelajaran
Bagi dosen, menjadikan pembelajaran lebih komunikatif dan lebih kreatif.
Bagi perawatan fasilitas, menjadikan fasiitas lebih baik dan berjalan dengan baik

BAB II


Landasan Teori
1. Pengertian Internet

Menurut Wikipedia Internet adalah kependekan dari inter-network. Secara harfiah mengandung pengertian sebagai jaringan komputer yang menghubungkan beberapa rangkaian . Selain pengertian di atas, internet juga disebut sebagai sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dari sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (e-mail, chat), diskusi (usenet news, milis, bulletin board), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Ghoper), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP),

Sejalan dengan perkembangan internet, telah banyak aktivitas yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet, seperti e-Commerce, e-Banking, e-Government, e-Learning dan lainnya. Salah satu aktivitas yang berkaitan dengan proses pembelajaran adalah e-Learning. E-Learning adalah wujud penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. E-Learning merupakan usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar di sekolah dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet.

Bagi para pengajar, internet bermanfaat dalam mengembangkan profesinya, karena dengan internet dapat :

a) meningkatkan pengetahuan.

b) berbagi sumber diantara rekan sejawat.

c) bekerjasama dengan pengajar di luar negeri.

d) kesempatan mempublikasikan informasi secara langsung.

e) mengatur komunikasi secara teratur.

f) berpartisipasi dalam forum-forum lokal maupun internasional.

2. Jenis-Jenis

Pendekatan kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilakn data diskriptif melalui pengungkapan kata-kata tertulis. Peristiwa tertentu secara rinci dan mendalam serta perilaku yang diamati.

3. Bahaya

Perilaku pengguna internet tidak pernah menyadariakan bahaya mengenai privasi tentang dirinya. selain orang lain dapat mengetahui tentang dirinya, bisa saja dapat menimbulkan perilaku kejahatan inter. selain itu juga, dampak pada lingkungan sosial pun sangat berpengaruh, sebagai contoh ketika sedang bersama teman dikampus, kita sibuk dengan menggunakan internet dan tidak memperdulikan teman yang ada disamping kita

4. Pengaruh

dapat merubah watak seseorang jika dia telah kecanduan dalam penggunaan internet. seperti halnya ketika dosen mengajar, mahasiswa malah sibuk menggunakan internet

B. Kesimpulan hipotesis Sementara

Hipotesis adalah pendapat atau kesimpulan sementara, dengan kata lain suatu pendapat yang kita gunakan untuk menangkap kenyataan kebenaran dari suatu hal yang belum terbukti kebenarannya atau merupakan penjelasan percobaan ke arah perjalanan penjelasan yang pasti, tetapi ada alasannya yang merupakan suatu keismpulan yang agak pasti.


BAB III



METODELOGI
Tempat dan waktu penelitian
Tempat
kampus universitas Gunadarma
Waktu
23 Desember 2013
B. Metode Penelitian
Percobaan koneksi
Nyalakan wifi
Hubungkan ke jaringan
Gunakan browsing
Cek ping
Percobaan disetiap gedung
lakukan percobaan koneksi
bandingkan dengan gedung lainnya
Mengetahui kelayakan perangkat
1 pengecekan antenna disetiap atap lantai
3. cek fungsi dari antenna berjalan atau tidak


Teknik Analisis
Dalam percobaan ini, setiap antena di cek apakah masih berfungsi dan layak atau tidak. kemudian di uji dengan menghubungkan computer dengan wifi yang tersedia dikampus. Lalu lakukan pengecekan ping. Dengan semua hal tersebut dapat diketahui seberapa layak jaringan unternet di kampus uniersitas gunadarma. Dan lakukan survey dengan menyebarkan angket kepada beberapa mahasiswa untuk mengetahui, respon dari mashasiswa mengenai kelayakan internet digunadarma



 
 

BAB IV



Hasil Penelitian
 
Berdasarkan angket yang telah disebar

Dari hasil angket yang telah disebar kepada mahasiswa, didapatkan hasil 77% mahasiswa mengatakan, bahwa jaringan internet digunadarma masih belum layak dan masih harus diperbaiki. Disetiap gedung masih tidak dapat mengakses internet, begitupun disetiap lantainya. Hal itu sangat berpengaruh terhadap dosen ataupun mahasiswa dalam mencari informasi pembelajaran. Dengan begitu, pembelajaran tidak begitu maksimal, khususnya bagi jurusian, sistem informasi, teknik informatika dan system computer.

Mahasiswa sangat antusias, jika fasilitas internet iniberjalan dengan baik, karena zaman ini serba hitech, dimana internet bias dibilang kebutuhan pokok bagi penggiat dunia maya. Hal-hal ini tentu sanagt berdampak positif bagi mahasiswa, tentunya akan baik juga bagi masa depan mahaiswa tersebut, khususnya dalam pengetahuan yang didapatnya melalui internet.


Berdasarkan survey dilapangan
Hasil survey dan pengujian dilapangan, fasilitas internet ini tidak begitu baik , padahal antenna yang terpasang disetiap lantai sudah bias dibilang mencukupi dan masih layak pakai, khususnya dikampus E. namun, saat berselancar didunia maya koneksi bias dibilang begitu buruk karena sangat lamban dan pada saat akan menggnakan wifi pun terbilang rumit, karena menggunakan password yang sering diganti setiap tahunnya dan setiap jaringan terkadang berbeda password. Namun khusus di kampus D, fasilitas internet bias dibilang cukup memuaskan. Disetiap tempat seperti masjid, gedung-gedung dan parkiran jaringan wifi bias diakses dengan lancer, meski terkadang jangkauan internet tidak begitu meliputi seluruh wilayah dikampus D.

Fasilitas I-longue di kampus E, kini tidak dapat digunakan, dikarenakan banyak computer yang rusak, fasilitas yang kurang baik seperti tidak disediakan kursi dan seringnya terjadi trouble. Hamper lebih dari setahun, fasilitas ini tidak dapat digunakan, padahal dalam i-longue adalah fasilitas yang di banggakan, akan tetapai tidak sesuai fakta yang di bangga-banggakan oleh pihak kampus. Dengan begitu, fasilitas internet di kampus bisa dibilang belum layak.


 

 

V
Penutup
 
A. Kesimpulan

penggunaan internet dilingkungan kampus universitas gunadarmasangat dibutuhkan dan banyak digunakan oleh mahasiswa. namun, disetiap gedung belum memadai dalam penggunaan antena, sehingga tidak semua gedung dan lantai dapat mengakses internet. namun dengan kebutuhan internet dikampus universitas gunadarma.


B. Saran
Berdasarkan beberapa uraian dan kesimpulan tersebut maka pihak gunadarma, seharusnya lebih mengontrol dan memelihara akan internet tersebut. karena pada kenyataannya dilokasi, internet tidak dapat digunakan dengan baik,padahal mahasiswa atau dosen sangat membutuhkan akan fasilitas internet dalam pembelajaran dan pengajaran. Bukan karena mahasiswa yang tidak bias merawat, tetapi memang fasilitas yang diberikan kurang baik.


 

Daftar Pustaka
id.wikipedia.org/wiki/Internet
 
 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



 

 

LAPORAN PENELITIAN


"Pemanfaatan Internet di Lingkungan Kampus Universitas Gunadarma"
 

 
 
 

 
 

 

 

 

Nama : Dito Endero Nakresna

NPM : 12111191

Kelas : 3KA07

Dosen: Sangsang Sangabakti

 

 

 

 
 
 
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013/201 4
Penulis : Dito Endero Nakresna

Post a Comment for "Pemanfaatan Internet di Lingkungan Kampus Universitas Gunadarma - Laporan Proposal"