Widget HTML #1

Pengenalan Intel XDK

Bahasa Pemograman 
pembuatan aplikasi mobile kini semakin mudah dan banyak framework dan software yang dapat mempermudah dalam membuat aplikasi. tidak seperti eclipse dengan bahasa pemograman java-nya, intel XDK menggunakan bahasa pemograman HTML5,Jquery Mobile, CSS3 dan JavaScript. tentu hal ini tidak jauh berbeda dengan pembuatan website pada umumnya sehingga bahasa pemograman yang digunakan tidaklah sulit.

Multiplatform
Selain aplikasi mobile, Intel XDK juga dapat membuat aplikasi untuk facebook dan google chrome. dalam membuat aplikasi yang berbeda, anda tinggal memilih akan dibuat kedalam bentuk apa, namun ada beberapa yang membutuhkan ID developer saat proses compile/build. Seperti Windowsphone, Blackberry dan Apple anda harus memiliki akun developer terlebih dahulu agar proses compile/build dapat berjalan. naun jika anda tidak memiliki akun developer, maka anda dapat menggunakan aplikasi tambahan yang sudah tersedia di Appstore , market atau googleplay.

Debug
proses debug ini yaitu dengan cara menghubungkan device anda ke laptop dengan menggunakan kabel data , wifi atau jaringan selular. dimana anda dapat mencoba langsung aplikasi pada device, tentunya dengan proses ini anda dapat langsung menganalisa proses aplikasi anda ketika dijalankan.

Emulator
Emulator di intel XDK bisa dibilang sangat baik dibandingkan pada eclipse / windowsphone emulator, karena pada emulator yang tersedia di intel XDK ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti :
- Geolocation
- shake phone dan rotasi
- berbagai tipe dan merk device
- push notification
dll

Plugin
Plugin yang disediakan oleh intel xdk sangat lengkap, mulai dari hosting, layanan iklan, push message, update file dll

Penulis : Dito Endero Nakresna

Post a Comment for "Pengenalan Intel XDK "